Keluhan Yang Sering Dialami Mama Pasca Melahirkan
19 November 2017
Setelah melahirkan tentu rasanya bahagia sekali ya ma. Si kecil yang ditunggu-tunggu selama 9 bulan dikandungan, sekarang sudah bisa di timang-timang. Namun ada beberapa hal yang biasanya dikeluhkan oleh sebagian besar mama pasca melahirkan, seperti :

Sembelit
Sistem pencernaan tubuh saat hamil berlangsung lebih lambat, hal ini masih terbawa pasca mama melahirkan. Selain itu rasa takut untuk bab juga sering dirasakan oleh mama baik yang melahirkan normal ataupun SC. Untuk mengurangi resiko sembelit, sebaiknya mama yang baru saja melahirkan mengkonsumsi buah kaya serat dan air putih yang lebih banyak.

Depresi
Pasca melahirkan, banyak mama yang merasakan perubahan suasana hati yang cepat, merasa khawatir apakah si kecil akan baik-baik saja, atau merasa cemas apakah mama nanti mampu menjadi mama yang baik. Memiliki teman berbicara akan sangat membantu mama menghindari depresi pasca melahirkan.

Rambut Rontok
Kerontokan rambut ada yang dialami mama saat pasca melahirkan, ada pula yang mengalaminya setelah si kecil berusia 2-3 bulan. Hal ini wajar terjadi karena perubahan hormone di tubuh mama saat hamil dan setelah melahirkan.

Perut Terasa Kendur
Setelah melahirkan, perut terasa kendur dan bergelambir, juga mungkin ada yang memiliki bekas scretch mark di perut.  Perlu kesabaran dan usaha untuk mengembalikan bentuk perut mama pasca melahirkan. Namun tetap bersyukur kan ma, karena si kecil sudah hadir ke dunia dengan selamat.

Masih Sering Merasa Mulas
Setelah melahirkan ada mama yang masih merasakan mulas seperti kontraksi, apalagi saat sedang menyusui ya ma. Hal ini wajar terjadi karena Rahim sedang dalam proses untuk kembali ke ukuran normal, setelah sebelumnya mengembang karena mengandung si kecil.