Saat Si Kecil Menguji Kesabaran
29 October 2017
Menjadi Mama memang tidak mudah ya ma, namun tidak ada mama yang menyesal menjadi orang tua. Sering kali si kecil begitu menguji kesabaran ya ma, tetapi begitu melihat wajah polosnya sesaat , hilang sudah semua rasa kesal di dada. Berikut ini beberapa  tingkah laku si kecil yang sering kali menguji kesabaran mama:

• Tidak Mau Makan
Duh ini biasanya bikin mama senewen ya ma, segala macam resep sudah dicoba, tapi si kecil tetap menolak makan. Belum lagi omongan saudara dan tetangga yang membuat mama gusar seperti : “kok anaknya kurus ya”. Sabar ya ma, adakalanya si kecil menolak makan mungkin karena susu atau cemilan yang diberikan membuat si kecil kenyang. Kurangi susu dan camilan agar si kecil lapar dan mau makan.

• Si Kecil Tidak Mau Mandi
Saat diajak mandi susahnya bukan main, namun begitu sudah masuk kamar mandi sulit juga membawanya keluar. Siapa yang begitu ma? Memang seringkali hal ini menguji kesabaran mama, dibawa santai saja ya ma, kalau perlu nikmati bermain air bersama si kecil di kamar mandi agar mama ikut happy.

• Menumpah-numpahkan Makanan dan Minuman
Siapa disini yang si kecilnya sudah mencapai fase ini ma? Si kecil rasa ingin tahunya tinggi, ingin mencoba semuanya namun belum mengerti apa yang ia lakukan. Sabar ya ma, ingat-ingat bahwa waktu ini tidak akan lama. Saat si kecil tumbuh dewasa rumah akan selalu rapi,namun lebih sepi. Tetapi si kecil tetap perlu diberitahu bahwa itu salah dan tidak boleh ya ma.

• Si Kecil Menolak Tidur
Kenapa siy si kecil menolak tidur, padahal tidur kan enak ya ma? :D karena berbeda dengan kita para mama yang ingin istirahat, si kecil memiliki tenaga ekstra dan ‘baterei’ yang sepertinya tidak pernah low bat ya ma. Atur waktu tidur si kecil setiap harinya agar ia menjadi terbiasa dengan jadwal, hingga lebih mudah mengajak si kecil istirahat.

• Si Kecil dan Si Kakak Selalu Berebut Sesuatu
Sudah tidak asing ya ma jika kakak dan adik berebut mainan, dibelikan dua pun tetap saja ada yang bisa jadi bahan berebut. Hal ini perlu kesabaran dari mama dan papa, namun usahakan tidak memihak ya ma karena bisa membuat salah satu anak merasa diabaikan. Tarik nafas dan tenangkan diri mama dahulu, baru kemudian tanyakan cerita dari kedua anak ya ma.

Tetap semangat ya ma, jangan lupa bahagia :)