Mitos dan Fakta Hal-Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil
13 October 2017
Saat hamil sering kali kita mendapat banyak larangan ya ma, tidak boleh ii tidak boleh itu. Jika memang hal yang baik untuk mama dan si kecil kenapa tidak, diikuti saja. Berikut ini beberapa mitos dan fakta hal yang tidak boleh dilakukan saat hamil.
 
“jangan makan pedas, nanti rambut anaknya sedikit”
sebenarnya rambut si kecil tergantung dari gen Mama dan Papanya, dan makan pedas tidak berhubungan langsung dengan kondisi rambut si kecil. Namun makan makanan yang terlalu pedas dapat memicu asam lambung mama naik, sehingga sebaiknya dibatasi.

“ibu hamil tidak boleh berolahraga”
Jika kehamilan mama tidak bermasalah, berolahraga saat hamil justru sangat disarankan untuk memperlancar aliran darah dan mengurangi resiko bengkak di kaki. Namun jika memang ada yang dikhawatirkan sebaiknya lakukan olahraga ringan saja ya ma, seperti berjalan kaki atau berenang.

“jangan minum air es, nanti hamilnya besar”
Minum air dingin/ es tidak akan membuat kehamilan mama menjadi lebih besar dari seharusnya. Namun jika minum es plus sirup/gula memang akan membuat kehamilan mennjadi besar, namun bukan karena esnya tapi kandungan gula dalam sirup. Walaupun demikian, saat hamil sebaiknya mama minum es yang dibuat sendiri agar lebih terjamin kebersihannya.

“orang hamil jangan keluar malam”

Kalau memang tidak ada keperluan yang penting, memang sebaiknya hindari bepergian terlalu malam ya ma. Karena malam hari sebenarnya waktunya tubuh beristirahat, terlebih ketika hamil tubuh memerlukan lebih banyak waktu beristirahat.

“jangan bepergian naik pesawat”
Jika kehamilan mama tidak beresiko, naik pesawat bepergian boleh kok ma, namun sebelum pergi sebaiknya mama konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ginekolog yang menangani mama. Ibu hamil kan juga perlu liburan ya ma?