Jenis Kontrasepsi
28 September 2017
Kontrasepsi adalah metode atau cara yang bertujuan untuk mencegah terjadinya pembuahan pada rahim, terdapat berbagai macam jenis kontrasepsi yang saat ini bisa Mama pilih. Berikut ini adalah 5 jenis kontrasepsi dan penjelasannya :

Pil KB
Pil KB adalah metode kontrasepsi yang paling popular dan mudah. Penggunaannya diminum secara rutin diwaktu yang sama setiap hari. Hal ini menjadi kelemahan pil kb karena jika lupa atau terlewat, resiko pembuahan bisa terjadi.

IUD
Intra Uterine Device (IUD) atau lebih sering disebut spiral. Penggunaannya dengan memasukkan alat ke dalam rahim yang berfungsi mencegah bertemunya sperma dan sel telur. IUD sangat efektif dan juga aman untuk ibu menyusui karena tidak mempengaruhi hormon. Namun banyak Mama yang enggan menggunakan karena merasa takut saat pemasangan.

Suntik
KB Suntik juga merupakan metode kontrasepsi yang sangat popular karena dilakukan 3 bulan sekali sehingga biaya yang diperlukan tergolong murah. Namun biasanya tidak disarankan untuk ibu menyusui.

Kalender
Sistem kalender dapat dilakukan oleh Mama yang memiliki jadwal menstruasi teratur setiap bulannya. Metode ini menghindari berhubungan saat masa subur. Namun peluang kehamilan sangat besar karena bisa saja terjadi kesalahan hitung dalam menghitung tanggal subur.

Implant
Metode Implant atau sering disebut susuk adalah menempatkan alat kontrasepsi dibawah kulit , biasanya di lengan. Metode ini memudahkan Mama karena tidak perlu diminum setiap hari atau memiliki jadwal.