Saat si Kecil Mulai Corat-Coret
22 September 2017
Hayoo siapa disini yang dinding rumahnya penuh dengan coretan si kecil?

Jadi galau ya ma, jika dilarang takut menghalangi kreativitas si kecil, tidak dilarang seluruh area rumah jadi penuh coretan. Berikut ini beberapa hal yang bisa mama simak saat si kecil mulai corat-coret :

Proses Belajar
Mencorat-coret adalah salah satu bentuk kreativitas alamiah si kecil. Mencorat-coret akan membantunya kelak dalam menggambar dan menulis, selain itu mencorat-coret membantu si kecil mengekspresikan diri.

Sediakan Alternatif
Melarang si kecil akan menghambat proses belajarnya, mama bisa berikan alternative lain tempat mencorat-coret untuk si kecil. Sediakan buku atau kertas, atau mama bisa sediakan papan tulis atau white board untuknya.

Berikan Pengertian

Memberikan pengertian bahwa tembok bukan tempat mencorat-coret, tentunya tidak akan cukup sekali ya ma. Memang perlu kesabaran, namun tetap harus diberi pengertian agar tidak sampai merugikan orang lain, misalnya mencoret-coret dinding rumah tetangga.

Gunakan cat dinding yang mudah dibersihkan
Ini bisa mama lakukan agar saat si kecil mencoret-coret dinding, mama dengan mudah membersihkan bekas coretannya.

Hukuman fisik bukanlah solusi

Jika si kecil masih mencorat-coret dinding, jangan berikan hukuman fisik. Namun ajak si kecil untuk membersihkan bekas coretannya, dan berjanji untuk mencorat-coret di tempat yang sudah Mama sediakan. Hal ini akan mengajarkan tanggung jawab pada si kecil. Jika ia sudah berhasil, jangan lupa beri pujian ya ma.