Serba-serbi Tentang Tumbuh Gigi
15 September 2017
Proses tumbuh gigi merupakan hal yang dinanti-nanti oleh Papa dan Mama, antara bahagia dan cemas takut si kecil sakit atau rewel ya ma. Berikut ini beberapa hal tentang proses tumbuh gigi pada si kecil yang bisa Mama simak :

Waktu Tumbuh Gigi
Waktu tumbuh gigi pertama pada bayi bervariasi dan berbeda-beda ya ma. Ada yang usia 6 bulan sudah tumbuh gigi pertama, namun ada juga yang baru tumbuh saat usia 12 bulan.

Air Liur Berlebih
Saat akan tumbuh gigi, biasanya pengeluaran air liur si kecil akan berlebihan. Namun hal ini wajar ya ma, karena proses pertumbuhan gigi memang merangsang pengeluaran air liur.

Masalah yang Terjadi Saat Tumbuh Gigi
Pada beberapa anak, ada yang mengalami demam ringan, ada pula yang mengalami diare ringan saat akan tumbuh gigi. Namun jika si kecil demam tinggi, segera bawa ke tenaga kesehatan terdekat ya ma.

Membuat si Kecil Nyaman Saat Tumbuh Gigi
Berikan si kecil teether atau gigit-gigitan dingin yang sebelumnya sudah dimasukkan ke kulkas untuk mengurangi rasa gatal di gusinya. Jika si kecil sudah mulai makan, Mama bisa memberikan makanan yang lunak.

Perawatan Gigi
Jika gigi susu si kecil sudah tumbuh, berarti si kecil sudah siap untuk menggosok gigi ma. Gunakan sikat gigi untuk bayi tanpa menggunakan pasta gigi. Bisa juga dengan menggunakan washlap bersih untuk menggosok giginya