Merawat Gigi Susu si Kecil
16 December 2016
Banyak orangtua mengabaikan perawatan gigi susu karena berpikir nantinya akan berganti dengan gigi permanen. Anggapan tersebut tentunya salah besar.,gigi susu anak yang tidak dirawat kemudian rusak menimbulkan rasa sakit, maka nafsu makan akan terpengaruh, juga mempengaruhi pertumbuhan gigi permanennya nanti. Berikut ini beberapa tips yang bisa mama lakukan untuk merawat gigi susu si kecil,

Bila si kecil belum memiliki gigi, sebaiknya bersihkan gusi bayi anda dengan kain lembab, setidaknya dua kali sehari. Gusi yang sehat akan membantu pertumbuhan gigi susu si kecil

Jangan biarkan si kecil tidur sambil minum susu dengan menggunakan botol susunya. Susu akan merendam lapisan gigi si kecil saat tidur dan dapat menjadi tempat pertumbuhan bakteri.

Jangan menambah rasa manis pada susu sikecil dengan madu atau sesuatu yang manis. Susu formula biasanya sudah mengandung gula, menambahkan gula pada minuman si kecil akan merusak giginya.

Berikan air putih bila si kecil  ingin minum diluar jadwal minum susu. Pemberian air putih juga dapat memebrsihkan mulut si kecil.

Saat gigi geraham bayi mulai tumbuh, mulai gunakan sikat gigi yang kecil dengan permukaan lembut dan dari bahan nilon.