Mengajarkan si kecil untuk berbagi
07 October 2016
Berbagi adalah hal yang baik dan merupakan kewajiban kita sebagai mahkluk social. Namun kebiasaan untuk berbagi tidak dapat muncul dengan sendirinya, perlu dilatih dan diajarkan. Minggu ini kita akan membahas tips mengajarkan si kecil agar mau berbagi, yuk disimak ma,

Berikan contoh pada si kecil
Cara paling efektif mengajarkan si kecil berbagi adalah dengan memberikan contoh langsung. Misalnya bagikan kue atau permen kita secara merata kepada semua anggota keluarga di hadapan si kecil, agar dia melihat dan mengikuti perilaku tersebut.

Bermain bersama teman sebaya
Beri kesempatan anak bersosialisasi dengan anak-anak seusianya. Masukkan si kecil ke playgroup atau undang anak tetangga untuk bermain di rumah. Agar si kecil mengerti bermain bersama dan berbagi dengan temannya.

Jangan Menghukum Anak Karena Dia tidak mau berbagi
Hukuman malah akan memicu rasa benci anak dari pada menjadikan anak bermurah hati. Disarankan untuk memberi dorongan positif daripada hanya sekedar teguran atau hukuman. Terus beri dorongan positif agar anak mau berbagi, dan ketika dia berbagi, jangan lupa beri dia pujian.

Hargai barang-barang kesayangan si kecil
Setiap anak memiliki mainan yang sangat spesial  dan ia tak ingin meminjamkannya pada orang lain. Jika Anda ingin mengajari anak berbagi dengan cara pinjam meminjam mainan atau buku dengan temannya, pisahkan dahulu mainan spesial si kecil dalam sebuah kotak atau lemari tertutup sebelum temannya datang. Katakan pada anak  bahwa mainan dalam kotak adalah mainan yang tidak ingin dia pinjamkan pada temannya. Sebaliknya, mainan di luar kotak adalah mainan yang anak tak keberatan  meminjamkannya pada teman.    

Kadang, anak tidak perlu berbagi
Tidak mau berbagi adalah insting alami anak untuk mempertahankan miliknya. Anak juga perlu diajarkan apa-apa yang tidak perlu ia bagi seperti botol minum atau sikat giginya.