Memulai MPASI
17 June 2016
Saat bayi berusia 6bulan sudah waktunya memberikan MPAS (Makanan Pendamping ASI), karena namanya adalah pendamping tentu saja ASI masih tetap yang utama . Minggu ini GOO.N akan bagikan beberapa hal yang perlu Mama ketahui tentang MPASI, mari disimak Ma,

Jangan berikan MPASI terlalu dini
Pemberian MPASI sebelum bayi berusia 6 bulan tidak baik untuk system pencernaan bayi. Karena kebanyakan bayi belum memiliki system pencernaan yang sempurna  di usia dibawah 6 bulan.

Mulailah dengan konsistensi cair lalu naikkan dengan bertahap
Sebelumnya bayi hanya minum ASI atau Sufor saja, saat pertama kali memberikan MPASI usahakan konsistensinya tidak terlalu kental, agak anak tidak tersedak. Setelah anak terbiasa, konsistensinya dapat ditambah.

- Jangan menunda pemberian MPASI
Menunda pemberian MPASI juga tidak baik untuk anak, karena setelah usia 6 bulan kebutuhan gizi bayi tidak lagi dapat terpenuhi 100% dari ASI.

Perhatikan “4 days rule”
4 days rule adalah aturan pemberian 1 jenis makananan selama 4 hari untuk mengantisipasi apakah anak alergi dengan bahan makanan tersebut atau tidak. Namun jika tidak terlihat tanda alergi Mama bisa dapat mengganti menu dalam 2 hari.

Perhatikan frekuensi dan jumlah yang diperlukan bayi
Lambung bayi masih sangat kecil, perhatikan jumlah makanan yang diberikan agar bayi tidak terlalu kenyang dan muntah.

Demikian tips memulai MPASI dari GOO.N, semoga bermanfaat ya Ma.