Tips membantu anak beradaptasi di lingkungan baru
22 January 2016

Berada dilingkungan yang baru dapat membuat anak merasa ketakutan tidak nyaman, ada beberapa hal yang dapat mama lakukan untuk membantu si kecil merasa nyaman di tempat baru :


  • Kenali temperamen anak.

Ada tiga jenis temperamen, yaitu mudah (easy), lambat untuk “panas” (slow to warm up) dan sulit (difficult). Bagi anak yang temperamennya mudah dia tidak akan banyak mengalami kesulitan  beradaptasi di lingkungan yang baru. Namun untuk anak yang temperamennya sulit, mama perlu memberikan perhatian lebih.


  • Memberikan gambaran.

Sebelum berangkat atau memasuki lingkungan yang baru, mama harus memberikan seperti apa tempat yang akan dikunjungi nanti dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan. Jangan lupa buat penjelasan ini dengan menarik ya mama, agar anak merasa tertarik dan bersemangat.


  • Frekuensi berkunjung.

Semakin sering mama mengajak anak mengunjungi tempat yang baru, ia akan semakin mudah beradaptasi. Play date bersama teman atau mengunjungi play ground juga dapat membantu kemampuan anak beradaptasi.

  • Perhatikan kondisi anak.

Mama harus pastikan anak-anak sedang tidak dalam keadaan lapar, mengantuk atau tidak enak badan saat mengunjungi tempat baru. Anak-anak dengan kondisi yang fit dan mood yang baik akan lebih mudah untuk beradaptasi.