Ciptakan Kesan 'Sekolah Itu Menyenangkan' Bagi Buah Hati
04 January 2016

Tahun ajaran baru telah dimulai, biasanya para Mama GOO.N akan sibuk menyiapkan berbagai perlengkapan buah hati untuk bersekolah, namun terkadang kita lupa apakah buah hati kita siap menghadapi perubahan besar yang akan terjadi ketika ia mulai menjajaki dunia sekolah. Biasa berada di rumah sepanjang hari, keluar rumah bersama orang tua atau orang yang sudah dikenal, tiba-tiba harus berada di tempat asing selama beberapa jam bersama orang yang asing bagi dirinya. Maka sangat penting untuk memperkenalkan hal-hal yang berhubungan dengan sekolah sebelum buah hati masuk sekolah untuk pertama kalinya.

  1. Ceritakan hal menarik tentang sekolah, suasana dan kegiatannya dalam suasana santai, berikan penjelasan bahwa adalah wajar saat bersekolah nanti akan terpisah beberapa jam dari orang tua atau pengasuhnya.

  2. Ajak anak membaca buku cerita tentang tokoh kesayangannya yang juga bersekolah.

  3. Kunjungi calon sekolahnya beberapa kali, baik saat kegiatan belajar mengajar berlangsung atau saat survey, ajak anak berkeliling, perkenalkan dengan guru yang akan mengajarnya.

  4. Ketika berpergian keluar rumah, usahakan melewati gedung sekolahnya di jam-jam istirahat sekolah dan katakan bahwa sekolahnya dekat dengan rumah. Hal ini untuk mengurangi kekhawatiran anak saat berada di sekolah, karena mereka tahu sekolahnya dekat dengan rumah, serta buah hati bisa melihat keceriaan anak-anak yang telah bersekolah.

  5. Ajak anak bermain sekolah-sekolahan dan terangkan juga siapa saja yang akan mengantar dan menjemputnya ke sekolah.

  6. Mama GOO.N sebaiknya tidak terlalu cemas berlebihan menjelang buah hati masuk sekolah, karena perasaan tersebut dapat dirasakan buah hati.

  7. Latihlah rutinitas yang akan dilakukan saat nanti akan bersekolah, seperti bangun jam 6 pagi, agar mereka bisa tepat waktu datang ke sekolah.

Ternyata tidak sedikit persiapan yang harus Mama GOO.N lakukan ya... namun setidaknya hal tersebut di atas dapat mengurangi ketakutan buah hati dalam bersosialisasi di lingkungan baru untuk pertama kalinya.