Fakta Tentang Indra Perasa
28 December 2021

Yuk Ma, kenali tahapan adaptasi lidah bayi pada aneka rasa makan sesuai dengan usia si Kecil?

1. Kenali rasa dimulai sejak dalam kandungan

Berdasarkan Ikatan Dokter Anak Indonesia, sejak usia 12 minggu kehamilan, janin mulai dikenalkan berbagai macam komponen rasa, termasuk rasa khas yang didapat dari glukosa, protein, dan asam amino, lemak, serta garam. Sehingga sejak masih di dalam kandungan, indera pengecap si kecil sudah mulai belajar mengenal rasa.

2. Si Kecil baru lahir hanya mengenal rasa manis

Si Kecil lebih mudah beradaptasi terhadap rasa manis karena mereka mengenal rasa manis yang alami dari ASI. Rasa manis yang tidak terlalu kuat itu akan terekam di dalam memori mereka.

3. Si Kecil baru lahir akan menolak rasa pahit dan asam

Tahu kah ma, pada saat si Kecil baru lahir ia selalu menolak makanan atau minuman dengan rasa asam dan pahit loh?  Begitu rasa pahit atau asam menyentuh di lidah, mereka akan mengeluarkan reaksi memuntahkan makanan.

4.  Di usia 4 bulan baru mengenal rasa asin

Menurut dr. Titis Prawitasari, Sp.A(K) dalam artikel di situs resmi IDAI, “Rasa asin sendiri mulai berkembang setelah ia berusia 4 – 6 bulan.

5. Anak ASI lebih mudah mengenal rasa

Seperti mama ketahui, rasa makanan yang mama konsumsi dapat terdeteksi dalam ASI sekitar 1-2 jam setelahnya. Tak heran bila rasa dan aroma ASI sangat berbeda-beda, hal ini tergantung apa yang mama makan.