Mengatasi Perut Kembung Pada Si Kecil dan Mengatasinya
09 November 2021

Tahu tidak ma, perut kembung pada si Kecil pada usia 3 bulan termasuk hal yang wajar atau sering terjadi, dikarenakan memang saluran pencernaannya belum berfungsi sempurna sehingga membutuhkan adaptasi atau menyesuaikan. Karena seringnya bertambah usia si Kecil dapat mengalami perut kembung  dari mencoba makanan yang berbeda untuk pertama kalinya melalui pemberian MPASI.


Tanda Perut Kembung pada si Kecil

Selain rewel, perut kembung pada si Kecil sering kali disertai dengan tanda gejala atau tanda lain, seperti:

- Perut terasa agak keras ketika dipegang

- Sering menggeliat dan melengkungkan punggunya ke belakang

- Sering mengangkat kedua kakinya ke dada atau menendang

- Sering kentut

- Sulit tidur


Penyebab Perut Kembung pada Si Kecil

Makanan yang dikonsumsi ibu

  Ibu yang masih menyusui disarankan untuk mengurangi atau membatasi konsumsi makanan yang mengandung gas tinggi, seperti kubis, kemabng kol, brokoli, bawang, atau kentang.

- Makanan yang dikonsumsi bayi

Pada usia 6 bulan yang sudah mulai menerima MPASI, Mama perlu memperhatikan asupan makanannya. Seperti sayuran,  tidak semua sayuran bisa dikonsumsi dan salah satunya adalah brokoli. Sayuran ini jika dikonsumi berlebihan dapat membuat perut si Kecil kembung

- Minuman selain ASI

Meski usia si Kecil sudah menginjak 6 bulan, Mama jangan berikan minuman seperti jus ya. Karena pemberian jus pada usia di bawah 1 tahun dapat memicu perut kembung pada bayi dan diare, sebab sistem pencernaannya belum bisa mencerna kandungan gula buah atau fruktosa dalam jus dengan baik. Jadi, Mama tetap berikan si Kecil ASI atau susu formula saja, ya.

- Menelan Udara

Salah satu penyebab perut kembung  pada  si Kecil tercinta adalah menelan udara. Si Kecil dapat menelan udara ketika mereka menyusu pada mama atau dari botol dotnya. Ini terjadi karena si Kecil belum terlalu pandai dalam mengisap air susu sehingga udara dapat ikut tertelan yang dimana mulut si Kecil kurang pas, begitu juga dengan dot yang digunakan. Jadi pastikan mama, si kecil saat menyusui dan dot.


Cara Mengatasi Perut Kembung pada si Kecil.

Ada beberapa cara untuk mengatasi si Kecil saat perut kembung yang dapat mama lakukan, diantaranya ialah:

- Setelah si Kecil menyusu, posisikan si Kecil tegak agar membuat mereka lebih mudah untuk bersendawa.

- Cobalah mama untuk membaringkan si Kecil pada punggung dan gerakkan kaki seperti sedang mengayuh sepeda.

- Lakukan pijat di area perut si Kecil dengan menggunakan sedikit minyak atau losion di tangan, lalu lakukan pijitan di perut bayi searah dengan jarum ham.

- Susui si Kecil dengan posisi sedikit tegak agar susu dapat masuk ke dalam perut secara perlahan, sehingga tidak menimbulkan masalah perut dan udara naik ke atas dengan mudah. Mama bisa juga menggunakan bantal saat menyusui untuk membantu menopang kepala si Kecil.


Perut kembung pada si Kecil bukan hal yang perlu dikhawatirkan, tetapi bisa menjadi tanda adanya masalah pencernaan yang serius, Ma. Oleh karena itu, apa bila yang dialami si Kecil disertai dengan gejala sulit buang air besar, muntah, atau demam segera periksakan si Kecil ke dokter. Denan begitu, dokter dapat memberikan penanganan yang  tepat dan sesuai dengan kondisi si Kecil.

Sumber: alodokter.com