Si Kecil Memasuki Usia 6 Bulan? Perhatikan Ini, Ma!
14 August 2020
Siap-siap menemukan banyak hal baru yang terjadi pada saat Si Kecil memasuki usia 3-6 bulan, Ma! Nah untuk mengantisipasi hal tersebut berikut adalah hal-hal yang harus mama perhatikan mengenai Si Kecil. Jangan khawatir, ada tips-tips juga ya Ma.

1. Jam Tidur
Coba perhatikan deh, Ma. Apakah Si Kecil sudah mendapatkan jam tidur yang cukup dalam sehari? Pastikan Si Kecil tidur siang dengan frekuensi 2-3 kali sehari ya, Ma dengan durasi tidur malam selama 10 jam. Di usia ini, saatnya memperkenalkan rutinitas tidur untuk Si Kecil. Caranya? Tidur di jam yang sama setiap hari untuk membentuk pola tidur yang sehat untuk Si Kecil.

2. Milestone Si Kecil
Ini salah satu hal yang harus mama perhatikan dengan seksama. Di umur 3-6 bulan akan terjadi perkembangan yang pesat dari Si Kecil. Ini yang disebut milestone, Ma. Ia akan mencoba berguling dan duduk. Ia akan semakin nyaman dengan orang sekitar dan mulai ramah dengan orang-orang terdekat selain mama dan papa. Tapi di usia ini juga Ia akan mulai banyak keinginan dan ngambek pada saat tidak terpenuhi. Nikmati saja ya, Ma.

3. Gizi dan Nutrisi
Pola makan dan nutrisi Si Kecil adalah hal penting yang untuk diperhatikan. Siap-siap untuk transisi menyangkut makanan Si Kecil mulai dari ASI menjadi makanan padat pengganti ASI, ya Ma. Mulai umur 6 bulan, sistem pencernaan Si Kecil telah siap untuk mengonsumsi makanan yang lebih kompleks sekaligus lebih banyak variasi nutrisinya. Namun tetap konsultasikan juga soal nutrisi ini kepada dokter Si Kecil ya, Ma.

4. Mulai Berkomunikasi
Ini juga seru dan menarik untuk ditunggu lho, Ma. Si kecil akhirnya mulai bisa berkomunikasi. Iya, dia memang belum bisa berbicara, namun di tahap ini kemampuan untuk menyerap informasi dari lingkungan sekitar semakin besar. Jadi tugas mama dan papa adalah mencoba berkomunikasi dengan Si Kecil sebanyak mungkin. Mulai dari berbicara, baca buku hingga bernyanyi.

5. Tumbuh Gigi
Ini adalah momen yang mungkin susah buat mama dan papa serta buat Si Kecil juga. Betul, pada saat tumbuh gigi pasti akan banyak masalah-masalah yang dihadapi oleh Si Kecil. Mulai dari gusi yang gatal, air liur banyak keluar, sampai kebiasaan memasukkan berbagai macam barang ke mulutnya. Pastikan mama melakukan perhatian ekstra ketat di momen ini ya, Ma agar Si Kecil bisa melewatinya dengan senyaman mungkin.