5 Tips Survive Di Minggu Pertama Menjadi Mama
09 August 2020
Setelah mengalami penantian yang panjang selama 9 bulan, akhirnya Si Kecil hadir ke dunia ya, Ma. Tidak ada kata yang lebih tepat untuk menggambarkan perasaan mama selain dari gembira. Namun bukan berarti setiap hal pasti menggembirakan ya, Ma. Apalagi yang baru saja menjadi mama, pasti banyak hal yang serba baru dan harus dipelajari. Berikut adalah tips untuk survive di minggu pertama setelah Si Kecil lahir.

1. Siapkan Support System
Support system adalah sebuah tim kecil yang siap membantu mama. Biasanya terdiri dari keluarga atau orang-orang terdekat seperti teman dan sahabat. Jadi, setelah Si Kecil lahir, pastikan mama punya support system yang siap sedia untuk membantu ya, Ma. Mulai dari ikut mengurus Si Kecil sesekali, hingga mengingatkan mama akan sesuatu. Karena biasanya saking sibuknya dan fokus kepada Si Kecil, mama lupa tentang kebutuhan diri mama sendiri. Itu lah fungsinya support system.

2. Pikirkan Diri Mama Juga
Si Kecil sudah lahir ke dunia, dan mama merasa semua waktu mama dan fokus mama harus dicurahkan semuanya kepada Si Kecil. Ini tidak sepenuhnya benar, Ma. Mama pun harus memikirkan diri sendiri juga. Ingat, jangan sampai stres hanya karena mama tidak sempat untuk melakukan hal-hal yang mama sukai. Ini penting untuk menjaga kesehatan mental mama. Selain Si Kecil, ada orang lain yang patut mama sayangi juga yaitu diri mama sendiri. Jadi, sempatkan untuk melakukan hal-hal yang mereka suka ya, Ma.

3. Percayakan Si Kecil pada Papa
Kadang pasti mama merasa bahwa mengurus Si kecil adalah tugas utama seorang ibu. Padahal itu juga menjadi tanggung jawab Papa. Bisa dimengerti sih, ma mungkin mama merasa papa tidak sanggup untuk mengurus Si Kecil. Namun, kan bisa dicoba untuk hal-hal yang sifatnya sederhana seperti mengganti popok, mengajak bermain, menggendong untuk menenangkan Si Kecil. Lagi pula itu bisa bermanfaat juga untuk bonding antara Papa dan Si Kecil lho, ma.

4. Sesuaikan Jadwal Dengan Si Kecil
Ini idenya sederhana, Ma yaitu “apa pun yang Si Kecil lakukan, mama juga lakukan” Misalnya tidur. Waktu tidur Si Kecil akan lebih sering dibanding nanti pada saat Ia mulai beranjak besar, nah manfaatkan waktu saat Si Kecil tidur untuk mama beristirahat juga. Karena di minggu-minggu pertama Si Kecil lahir mama akan sangat membutuhkan energi yang besar. Jadi pada saat Si Kecil bangun, mama pun energinya telah terisi penuh untuk kembali melakukan aktivitas bersama Si Kecil. Makan pun juga begitu, Ma. Tapi ingat, tetap pilih menu yang sehat dan seimbang ya, Ma.

5. Siapkan Popok Terbaik dengan Jumlah Banyak
Namanya bayi, sudah pasti akan buang air besar ataupun kecil secara rutin. Nah, apakah mama sudah menyiapkan popok terbaik untuk Si Kecil. Popok bukan cuma alat untuk menampung pipis atau pup Si Kecil lho, Ma namun berhubungan dengan kenyamanan dan kesehatan Si Kecil. Jadi pastikan mama pilih popok dengan banyak fitur dan keunggulan. Rangkaian popok dari Goon bisa menjadi pilihan untuk Si Kecil lho, Ma.