5 Hal Tentang Makanan Si Kecil
01 August 2020
Memasuki usia 12 bulan ke atas, mama bisa bernafas lega soal makanan Si Kecil. Karena di usia ini biasanya variasi makanan Si Kecil bisa lebih fleksibel lagi. Si Kecil pun mulai belajar untuk makan sendiri, dan dia telah mempunyai kemampuan mengunyah layaknya Papa dan Mama. jadi, sebenarnya, ia bisa makan menu yang sama dengan anggota keluarga lainnya. Berikut adalah 5 hal yang harus mama ketahui tentang makanan untuk Si Kecil yang berumur 12 bulan ke atas.
 
1. Si Kecil Bebas Makan Apa Aja
Ini pertanyaan standar yang sering terlontar dari para mama “Duh Si Kecil boleh makan ini tidak ya?” Ma, di umur 12 bulan ke atas, Si Kecil bisa lebih fleksibel dalam memilih menu makanan lho, dibanding waktu ia masih. Ini memudahkan mama karena tidak harus menyiapkan menu sendiri untuk Si Kecil. Selama menunya memenuhi unsur gizi dan nutrisi, Si Kecil bisa makan menu yang sama yang dimakan papa, mama dan kakak. Jadi, jangan khawatir ya, Ma.
 
2. Frekuensi Lebih Sering Dari Orang Dewasa
Kalau Mama, Papa atau Si Kakak makan sehari 3 kali, sebaiknya berikan Si Kecil frekuensi makanan lebih sering dengan porsi yang lebih kecil. Kalau memang Si Kecil masih ASI, boleh kok frekuensinya dikurangi. Namun apabila Si Kecil mulai berjalan, Ia akan lebih membutuhkan banyak energi. 4 sampai 5 kali makan dalam sehari ditambah dengan snacks sehat itu sudah cukup kok, Ma.
 
3. Hindari Menu yang Tidak Sehat
Tips ini selain buat Si Kecil, tapi bisa berlaku juga buat mama dan papa yaaa. Namun menghindari menu makanan yang tidak sehat memang sebaiknya dimulai sejak usia dini. Walaupun Si Kecil bebas makan apa aja, tapi tetap hindari makanan yang tidak sehat ya, ma. Junk food dan soft drink sebaiknya jangan. Makanan dalam kemasan juga sebaiknya dibatasi. Pastikan Si Kecil kenyang hanya dari makanan yang bergizi.
 
4. Biarkan Si Kecil Makan Sendiri
Pada saat waktunya makan, biarkan Si Kecil menikmatinya dari piringnya sendiri. Ini akan membantunya untuk lebih mandiri. Biarkan Ia makan dengan durasinya sendiri. Walaupun lama, dan pasti akan berantakan, namun jadikan ini sebagai bagian dari proses pembelajaran Si Kecil dan juga mama dan papa. Jangan lupa terus menyemangatinya, ya ma.
 
5. Si Kecil Menolak Makan? Tidak Apa, Ma
Ini wajar dan sering terjadi kok. Si Kecil menolak makanan padat. Apalagi kalau Si Kecil masih mengkonsumsi ASI juga. Tidak apa-apa, Ma. Tidak usah dipaksakan. Makan adalah proses alamiah. Apabila Ia telah lapar, Ia akan makan juga kok. Kuncinya adalah, mulai memilah-milah mana makanan yang Ia suka dan berikan Ia menu tersebut pada saat Si Kecil agak susah makan. Selebihnya, jangan lupa tetap bereksplorasi soal menu makanan juga agar variasi menunya semakin bertambah.