Lebaran Unik dan Edukatif dengan Hal Ini!

27-03-2024

Lebaran Unik dan Edukatif dengan Hal Ini!

Tidak terasa, ya Ma, sebentar lagi umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Fitri. Hari Raya Idul Fitri bisa menjadi momen yang sangat berkesan untuk Anak. Bagi Anak yang ikut berpuasa dan agar momen spesial ini lebih berkesan, yuk eksplorasi kegiatan Lebaran unik yang tidak hanya menyenangkan, tapi juga penuh pembelajaran untuk si kecil! Dengan konsep yang tepat, Lebaran tahun ini bisa menjadi kesempatan yang sempurna untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman si kecil.


1. Membuat Kue Lebaran Bersama Si Kecil

Saat membuat kue lebaran, libatkan si kecil dalam setiap tahap pembuatan kue. Ajak mereka untuk membantu mencampur adonan,membentuk adonan sesuai dengan bentuk kue yang diinginkan, dan menambahkan hiasan seperti kismis atau cokelat. Memasak kue Lebaran bersama si kecil juga bisa menjadi kesempatan untuk mengajarkan mereka tentang kebersamaan dan keterampilan memasak.

2. Mengikuti Kegiatan Takbir di Masjid

Selain membuat kue Lebaran, kegiatan takbir di masjid di sekitar lingkungan adalah salah satu kegiatan yang edukatif. Ajak si kecil untuk ikut serta dalam kegiatan keagamaan ini dan ajarkan mereka tentang makna sebenarnya dari perayaan Lebaran.

3. Bersilaturahmi dengan Keluarga dan Tetangga

Lebaran adalah momen yang tepat untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan tetangga. Ajak si kecil untuk berjalan-jalan ke rumah kerabat atau tetangga terdekat, sambil membawa hampers Lebaran unik atau kue-kue Lebaran yang mereka buat sendiri. Ini adalah kesempatan yang baik untuk mengajarkan mereka tentang pentingnya menjaga hubungan baik dengan orang lain.

4. Permainan Edukatif

Menggabungkan unsur permainan dalam hampers Lebaran tidak hanya akan menghibur Anak, tetapi juga dapat menjadi sarana pembelajaran yang menyenangkan. Pilihlah permainan edukatif yang mengajarkan nilai-nilai keagamaan, seperti permainan papan yang mengajarkan sejarah Nabi atau permainan memori dengan kartu bergambar tokoh-tokoh agama.

Dengan memilih kegiatan yang unik dan edukatif, Si Kecil akan belajar nilai-nilai Islami dalam perayaan Lebaran. Semoga momen berbagi ini dapat menjadi momentum yang membawa kebahagiaan dan keberkahan bagi kita semua. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.