Apa itu Relaktasi? Begini penjelasannya!

01-12-2023

Apa itu Relaktasi? Begini penjelasannya!

Jangan bingung dulu kalau denger kata "relaktasi". Meskipun terdengar serius, sebenarnya konsep ini tidak sekompleks namanya. Relaktasi adalah aktivitas untuk Mama yang ingin kembali menyusui Si Kecil setelah sempat vakum dari urusan menyusui. Bisa disebut, ini adalah comeback of the year versi seorang Ibu!

Apa Sih Relaktasi Itu?
Relaktasi sebenarnya adalah proses menghidupkan kembali produksi ASI (Air Susu Ibu) setelah beberapa waktu tidak menyusui. Mungkin karena alasan tertentu, misalnya keadaan kesehatan atau kesibukan lainnya, ibu menyusui harus berhenti sejenak. Nah, relaktasi ini seperti reset button-nya payudara, yang memungkinkan si ibu untuk kembali ke "bisnis" menyusui.

Mulai dengan Keputusan yang Mantap
Jangan setengah-setengah! Keputusan untuk relaktasi harus kuat dan mantap. Kalau sudah ada tekad bulat, langkah selanjutnya jadi lebih ringan.

Kenali Jam Biologis Payudara
Payudara punya jam biologisnya sendiri. Jadi, cobalah untuk menyusui di saat-saat di mana produksi ASI sedang tinggi, biasanya pagi dan malam hari.

Frekuensi Menyusui yang Rutin
Jadwal menyusui harus kembali diatur dengan frekuensi yang rutin. Pintar-pintar mengatur waktu supaya Si Kecil bisa menyusui setiap 2-3 jam sekali.

Bantu Dengan Pijatan dan Kompres Hangat
Agar peredaran darah ke payudara lancar, bisa dicoba pijatan ringan dan kompres hangat sebelum menyusui. Kombinasi ini bisa meningkatkan produksi ASI.

Jangan Lupa Minum yang Cukup
Air putih adalah sahabat terbaik ibu menyusui. Pastikan asupan air yang cukup agar produksi ASI tetap lancar.

Tunjukkan Kasih Sayang Ekstra ke Si Kecil
Si Kecil butuh perhatian ekstra. Tunjukkan kasih sayang lewat sentuhan, pelukan, dan bermain bersama. Itu bisa bikin suasana hati dan hormon oxytocin, yang berperan penting dalam produksi ASI, lebih bersahabat.

Dukungan Orang Terdekat dan Support System yang Baik
Informasikan tekad Mama kepada pasangan terkait relaktasi. Minta dukungan kepada orang-orang terdekat agar proses relaktasi berjalan lancar. Jika diperlukan, Mama bisa mengunjungi Rumah Sakit untuk konsultasi bahkan rawat inap untu proses relaktasi karena memang dibutuhkan lingkungan yang sangat mendukung agar relaktasi berhasil.

Jadi, relaktasi itu bukan hal yang tidak mungkin. Dengan tekad yang kuat dan cara relaktasi yang tepat, Mama bisa kembali mempersembahkan ASI terbaik untuk Si Kecil. Ingat, ini adalah perjalanan yang personal, jadi tidak perlu terlalu keras pada diri sendiri. Yang terpenting, nikmati momen spesial bersama Si Kecil!