Menyapih Tanpa Drama
05 August 2017
Proses menyapih si kecil bisa jadi sangat drama sekali ya ma, si kecil menangis karena ingin menyusu, mama juga menangis karena tidak tega melihat si keci rewel. Ayo siapa yang mengalami hal ini?
Minggu ini Goo.N akan berbagi beberapa tips yang bisa membantu mama membuat proses menyapih tidak terlalu berat :

1.Ajak si kecil bicara
Jika mama ingin menyapih si kecil saat usia 2tahun, mama sudah harus mulai membicarakannya dengan si kecil sejak 2-3 bulan sebelumnya. Waktu paling tepat adalah saat malam hari menjelang si kecil tidur, ceritakan jika nanti sudah usia 2tahun adek sudah tidak menyusu lagi karena adek sudah besar. Lakukan hal ini setiap hari sebelum tidur.

2. Kurangi frekuensi menyusu secara bertahap
Dua bulan sebelum disapih, mama sudah mulai mengurangi frekuensi menyusu si kecil secara bertahap. Agar si kecil tidak merasa dipaksa tiba-tiba berhenti menyusu.

3. Mama harus siap dan ikhlas
Masa menyusui si kecil memang memiliki banyak momen menyenangkan ya ma, namun jika sudah memutuskan untuk menyapih si kecil mama harus siap dan ikhlas bahwa si kecil sudah besar. Jika mama merindukan masa menyusui, si kecil akan merasakannya dan menjadi rewel saat disapih.

4. Dukungan dari suami
Menyapih si kecil juga perlu bantuan dari Papa lho ma. Saat si kecil mulai rewel karena ingin menyusu, papa bisa mengalihkan perhatiannya dengan mengajak bermain atau bercerita.

5. Sabar

Yang ini paling penting ma, proses menyapih memang tidak selalu mudah. Jika si kecil dan mama belum siap, tidak apa kok. Namun tetap berikan batas waktu. Menyusui adalah proses bonding indah antara Mama dan si kecil jadi harus diakhiri dengan indah juga ya ma.

Tetap semangat untuk Mama yang sedang menyusui dan yang sedang menyiapkan diri untuk menyapih si kecil ?