Bolehkah Menyusui Saat Mama Sakit?
15 April 2017
ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Banyak manfaat yang didapatkan dengan memberikan ASI. Namun, bagaimana jika ibu menyusui sakit? Bolehkan memberikan ASI?

Berikut ini beberapahal yang perlu diperhatikan saat mama yang sedang menyusui menderita sakit :

Sebagian ibu menyusui percaya, bahwa saat sakit tidak diperbolehkan memberikan ASI. Hal ini dikhawatirkan bisa menularkan penyakit yang diderita kepada sang anak. Namun, hal tersebut tidaklah tepat. Umumnya pemberian ASI dapat diberikan dan tidak perlu dihentikan asalkan anda dapat mencegah penularan pada bayi.

Saat mama sakit, gunakan masker saat bersama si kecil, hindari bersin atau batuk dekat si kecil, rajin mencuci tangan untuk menguragi resiko penularan penyakit ke si kecil.

Jika mama memutuskan untuk ke dokter, pastikan mama tidak lupa memberitahukan ke pada dokter yang menangani bahwa mama sedang menyusui. Agar dokter menyesuaikan obat-obatan yang diberikan adalah obat yang aman untuk ibu menyusui

Tetap menyusui juga memberikan keuntungan untuk si kecil, ASI memiliki antibodi di dalamnya yang spesifik pada penyakit mama alami, yang akan membantu mencegah bayi terkena sakit atau mengurangi tingkat keparahannya saat terkena penyakit.