Bau Tangan, mitos atau fakta?
09 April 2017
Kita pasti sering mendengar ya ma nasihat “anaknya jangan terlalu sering digendong, nanti bau tangan “ , “kalau nangis jangan langsung digendong, nanti bau tangan”. Jadi betul ga siy niy ma?

Sebenarnya banyak hal yang membuat bayi menangis, bukan hanya karena ingin digendong, namun bisa karena lapar, pipis/pup, sedang tidak enak badan, atau hanya karena ingin di dekat ibunya.

Selain itu menggendong si kecil juga membangun ikatan dan rasa percaya antara si kecil dan mama, si kecil bisa merasakan kehangatan mamanya dan menjadi tenang.

Anak yang baru lahir juga merasa asing dengan lingkungannya, karena sebelumnya terbiasa berada di dalam rahim mama yang hangat dan mendengar suara detak jantung mama seperti musik bagi si kecil. Hal ini membuat si kecil merasa selalu ingin dekat mamanya.

Jadi bukan bau tangan ya ma, si kecil hanya ingin bersama mamanya. Dan lagi masa kecilnya tidak akan lama, sebentar lagi si kecil sudah tidak mau lagi digendong. Belum lagi, jika sudah mulai sekolah dan memiliki teman bermain, waktu bersama mama semakin berkurang.

Walaupun baik untuk menggendong si kecil, terlalu sering digendong juga tidak baik ya ma, karena si kecil juga harus distimulasi perkembangan motoriknya agar dapat duduk dan merangkak pada waktunya.

Mari menikmati waktu menggendong si kecil ma :)