Si kecil belum bisa bicara?
17 February 2017
Sebagai orangtua kita sering kali cemas apakah perkembangan anak kita sudah sesuai dengan umurnya atau tidak. Belum lagi opini-opini yang terkadang menyesatkan membuat mama bingung. Salah satunya saat si kecil belum lancar berbicara, mama pasti cemas. Berikut ini beberapa hal yang perlu mama perhatikan bila si kecil belum lancar berbicara:

1 . Ingat bahwa setiap anak unik
ada anak yang mampu berjalan terlebih dahulu, ada yang berbicara terlebih dahulu, jadi jangan terlalu membandingkan si kecil dengan anak lain ya ma

2. Jangan biarkan si kecil terlalu lama menonton TV
, karena akan berdampak kurang baik terhadap perkembangan anak. Terlalu lama menonton TV menyebabkan berkurangnya ketertarikan si kecil pada hal-hal yang terjadi sekitarnya.padahal si kecil belajar berbicara saat ia meniru hal-hal yang terjadi disekitarnya.

3. Biarkan si kecil berinteraksi dengan teman-teman sebayanya. Hal ini akan memotivasi si kecil untuk belajar berbicara karena bermain bersama teman-temannya membutuhkan kemampuan komunikasi verbal.

4. Selalu ajak si kecil berkomunikasi dan ajarkan kata dengan jelas
walaupun si kecil belum bisa berbicara, tetap ajak berkomunikasi, bercerita karena si kecil akan menyerap dan meniru apa yang ia dengar. Ajarkan kata dengan jelas, seperti minum bukan mum,atau makan bukan mam.

5. Konsultasi dengan dokter/ psikolog/ psikiater tentang apa yang seharusnya dikuasai oleh si kecil pada usianya. Jika merasa di perlukan si kecil bisa mengikuti terapi wicara untuk membantu perkembangannya.